Judul Usulan Inovasi

MILLPA

Pengusul

Muhklasin

Identifikasi Masalah

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang Tahun 2020 Kecamatan Pakis memiliki luas wilayah 47,09 KM2 yang sebagian besar berupa pegunungan yaitu lereng gunung Merbabu. Kecamatan Pakis terdiri dari 20 Desa/kelurahan 165 Dusun dengan jumlah penduduk mencapai 54.159 jiwa pada tahun 2019 dengan 17.133 Kepala Keluarga. Sebagian besar masyarakat kecamatan Pakis berprofesi sebagai petani/peternak/pekebun sebanyak 24.470 orang, pedagang sebanyak 1.124 orang dan 2.072 wiraswasta dan sisanya sebagai pegawai dan karyawan swasta dan sebanyak 11,578 belum/tidak bekerja. Dari data diatas maka Pemerintah Kecamatan Pakis melalui Tim Penggerak PKK terutama PKK Milenial membuat suatu inovasi untuk membantu masyarakat diwilayah kecamatan pakis yaitu sebuah sarana promosi maupun publikasi dari hasil usaha, hasil karya, jasa, serta potensi yang ada diwilayah kecamatan pakis dengan memanfaatkan platform digital terutama melalui media sosial dengan melibatkan anak-anak muda (Milenial) di desa yang kami beri nama MILLPA (Milenial Pakis). MILLPA diimplementasikan dengan membuat suatu komunitas/grup milenial dari perwakilan masing-masing desa sehingga informasi apapun dapat segera tersampaikan dan dapat dipublikasikan.

Tujuan

MILLPA (Milenial Pakis) merupakan suatu program/inovasi dengan melibatkan anak-anak muda/milenial dari masing-masing desa dalam hal mempromosikan potensi dan unggulan serta hasil usaha, hasil karya maupun jasa dari masyarakat sekitar. Sehingga selain mempublikasikan potensi yang ada juga membuka peluang-peluang usaha ataupun peluang-peluang kerjasama antar warga masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rancang Bangun

Dari data diatas maka Pemerintah Kecamatan Pakis melalui Tim Penggerak PKK terutama PKK Milenial membuat suatu inovasi untuk membantu masyarakat diwilayah kecamatan pakis yaitu sebuah sarana promosi maupun publikasi dari hasil usaha, hasil karya, jasa, serta potensi yang ada diwilayah kecamatan pakis dengan memanfaatkan platform digital terutama melalui media sosial dengan melibatkan anak-anak muda (Milenial) di desa yang kami beri nama MILLPA (Milenial Pakis). MILLPA diimplementasikan dengan membuat suatu komunitas/grup milenial dari perwakilan masing-masing desa sehingga informasi apapun dapat segera tersampaikan dan dapat dipublikasikan.

Manfaat

Sebelum adanya program/inovasi yang melibatkan anak-anak muda/milenial potensi dan unggulan yang ada diwilayah Kecamatan Pakis hanya dikenal melalui orang per orang dan bahkan karena peran dari orang diluar wilayah Kecamatan Pakis sehingga potensi keuntungan diambil oleh orang dari luar wilayah. Dengan adanya inovasi berupa Media Promosi atau Publikasi secara digital terutama melalui media sosial banyak potensi dan unggulan yang bisa dikembangkan bahkan kolaborasi antar warga. Selain itu juga membuka peluang usaha baru bagi anak-anak muda/milenial.

Hasil

Meningkatkan pendapatan masyarakat

Status

Verifikasi