Judul Usulan Inovasi

OPTIMALISASI PEMBERIAN INFORMASI PELAYANAN DENGAN VIDEO PROFIL, PAMFLET, MEDIA SOSIAL DAN LAYANAN PENGADUAN PADA KANTOR KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

Pengusul

ARIF ZAIN - Kecamatan Borobudur

Identifikasi Masalah

Dalam Peraturan Bupati Magelang Nomor 66 Tahun 2016, Kecamatan dibentuk dalam rangka membantu Bupati melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat desa dan/atau kelurahan di wilayah kecamatan serta melaksanakan tugas kewenangan daerah yang dilimpahkan oleh bupati dan tugas lain yang yang diperintahkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam pelaksanaanya di Kantor Kecamatan Borobudur, ada beberapa isu organisasi yang memiliki keterkaitan erat dengan kedudukan dan peran ASN. Salah satu isu yang ada yaitu “Masih belum optimalnya pemberian informasi kepada masyarakat terkait layanan publik yang terdapat di Kantor Kecamatan Borobudur” dimana isu tersebut dipengaruhi faktor-faktor berikut: 1. Kurangnya sumber daya untuk mengembangkan inovasi pemberian informasi ke masyarakat 2. Belum tersedia media inovatif untuk memberikan informasi terkait pelayanan ke masyarakat 3. Metode pemberian informasi terkait pelayanan di kantor kecamatan borobudur masih manual menggunakan papan pengumuman 4. Pandemi Covid-19 yang memaksa harus dikuranginya pertemuan tatap muka yang berupa kunjungan ke kantor kecamatan

Tujuan

Tujuan adanya inovasi ini adalah tersedianya media inovatif berupa video profil, pamflet digital, media sosial, dan layanan pengaduan yang dapat mengoptimalkan penyebaran informasi kepada masyarakat terkait pelayanan yang tersedia di Kantor Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Rancang Bangun

Sebagai langkah inovasi maka disusunlah rencana aksi yang diimplementasikan ke dalam beberapa kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah sebagai berikut. 1. Perencanaan konsep media inovatif. 2. Pembuatan media inovatif berupa video profil, pamflet, media sosial dan layanan pengaduan. 3. Pembuatan kuesioner pre-test dan post-test terkait kepuasan masyarakat terhadap informasi pelayanan publik yang diberikan 4. Pelaksanaan pre-test 5. Implementasi penggunaan media inovatif dalam pemberian informasi kepada masyarakat 6. Pelaksanaan post-test 7. Evaluasi

Manfaat

1) Optimalnya pemberian informasi kepada masyarakat terkait pelayanan yang tersedia. 2) Masyarakat puas terhadap informasi pelayanan publik yang diberikan.

Hasil

Optimalnya pelaksanaan salah satu tugas kecamatan yaitu membantu Bupati dalam melaksanakan pelayanan publik.

Status

Verifikasi